Blog & Article

Beranda Blog

Efek Psikologis Gadget pada Anak

Kebanyakan dari orang tua menganggap anak 'anteng' saat berhadapan dengan gadget. Tak sedikit dari mereka bahkan berasumsi jika memberikan handphone pada anak agar bermain atau menyuruh anak menonton televisi akan membuat mereka tidak 'bandel' atau susah diatur. Mams, Paps tentu harus berpikir dua kali sebelum memberikan solusi instan ini. 


Terhadap fenomena anak dan gadget ini, psikolog Trianida, M. Psi atau yang akrab disapa Inda angkat bicara. Nah, Mams and Paps, apa saja sih efek psikologis bermain gadget yang hampir tak terlepas dari keseharian anak terlebih di era smartphone seperti sekarang ini.


1. Menurunnya daya konsentrasi anak

Mams and Paps mungkin menganggap anak anteng saat bermain games, satu jam mungkin dua jam. Jangan salah, ini berakibat menurunnya konsentrasi belajar pada anak.

2. Emosi menjadi sulit dikendalikan

Jangan kaget ketika mendapati buah hati menjadi mudah rewel, marah, maupun kesal. Ini dapat terjadi terutama ketika konten berisi kekerasan misalnya perang-perangan, tembak-tembakan, akan ada adegan berdarah yang mana pasti akan ada yang mati. Meski karakter dibuat lucu tapi sesungguhnya hal tersebut tidaklah lucu. Ingat ya Mams and Paps, konten kekerasan memicu agresi dan kemampuan empati.

3. Anak menjadi kurang kreatif

Seringnya bermain games menyebabkan anak menjadi kurang dilatih berjuang mendapatkan kesenangan. Saat anak dihadapkan dengan gadget pastilah hanya itu-itu terus, jarang ganti-ganti, dan tinggal klik.


Mams and Paps, tentu tidak ingin kan buah hati terdampak negatif dari gadget. Berikut tips dari Teh Inda dalam perbincangan dengan 123 education for kids:

1. Buat aturan

Batasi waktu dan konten. Setidaknya, maksimal dua jam per hari. Dalam durasi tersebut, Mams and Paps bisa menyelingi dengan aktivitas yang lain.

2. Ajak anak bermain di luar rumah

Banyak aktivitas di luar rumah yang menyenangkan untuk bermain, misalnya bermain tanah, bermain air dengan siram-siraman dan lain-lain.

3. Rancang aktivitas bersama boardgame, kreativitas, dll.

Sebagai orang tua harus kreatif ya, Mams, Paps . Luangkan waktu senggang bersama anak dan isi dengan kegiatan bermanfaat. 


Jangan sampai anak kita sebagai generasi bangsa kecanduan gadget ya. Semoga artikelnya menginspirasi dalam mendidik anak ya, Mams, Paps.

Resep/media

image not avilable


Artikel terbaru

image not avilable

Game sebagai Media Pembelajaran

image not avilable

Pembatasan Penggunaan Gadget Dengan Bantuan…

image not avilable

Boardgame; Alternatif Mainan Anak Indoor

Berita/Kegiatan

image not avilable

Kopdar Innerself Healing

image not avilable

Penyuluhan dan seminar

image not avilable

Kegiatan 1

Lorem Ipsum

On the other hand, we denounce with righteo On the other hand, we denounce

You may also like

Checkout and enjoy the biggest unlimited possiblities