Blog & Article

Beranda Blog

Efek Negatif Gadget pada Kesehatan Anak

Mams, Paps pada artikel sebelumnya kita telah membahas efek negatif gadget terhadap anak dari segi psikologi, pada kesempatan ini #123WhatsUpMam, akan berbagi mengenai efek negatif gadget pada kesehatan anak. Artikel ini berfokus pada kesehatan fisik ya Mams, Paps.


Kenapa kesehatan fisik akibat bermain gadget ini penting dibahas Mams, Paps?

Menurut Dr. Chevie Wirawan, SpPD dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Labuha, hasil survey AC Nielsen tahun 2013 menunjukkan besarnya masalah yang kita hadapi. Penelitian Nielsen menunjukkan bahwa Indonesia masuk sebagai pengguna perangkat mobile tertinggi yaitu sebanyak 48 persen. Usianya didominasi kalangan anak muda, antara usia 10-14 tahun dan 15-20 tahun. Jumlah tersebut meningkat signifikan dari waktu ke waktu. 


Survei BlogHer menyebut sebanyak 40 persen anak usia 0-8 tahun sudah mengenal gadget seperti smartphone, iPod atau iPad. Sebanyak 77 persen orang tua berpikir bahwa komputer tablet seperti iPad sangat berguna untuk membantu anak-anak lebih kreatif. Sebanyak 25 persen orang tua sengaja mengunduh aplikasi yang menarik buat mereka. Aplikasi tersebut 46 persen adalah games atau teka-teki yang menyenangkan, 42 persen mengandung unsur edukasi, dan 28 persen yang dianggap dapat memancing kreativitas anak. Dari survei yang diikuti 1.000 responden wanita itu terungkap, 1dari 4 ibu mengaku anak-anak mereka mulai bermain-main dengan handphone di usia 2 tahun.  


Mams, Paps, dikutip dari NY Daily News begitu menginjak 4 tahun, 32 persen anak sudah mengenal dan memakai smartphone. 25 persen anak usia 4 tahun dan lebih muda juga sudah memakai iPod. 60 persen anak saat usia 4 tahun sudah tahu bagaimana memakai komputer. Sementara 14 persen anak usia 4 tahun suka menghabiskan waktunya bermain-main dengan tablet (iPad dan sejenisnya).


Mams and Paps, tentu tak menyangkal kalau permintaan anak-anak terhadap kehadiran gadget semakin tinggi. Padahal sebagaimana hasil survei yang disebutkan Dr. Chevie di atas gadget menimbulkan masalah yang besar. Lalu apa saja efek negatif gadget pada kesehatan fisik anak?

  • Sedentary Lifestyle yang mengarah pada obesitas dan penyakit kardiovaskuler di masa depan anak,
  • Computer Vision Syndrome atau gangguan penglihatan karena terlalu sering menatap layar gadget,
  • Nintendinitis atau cedera pada tangan atau pergelangan tangan akibat terlalu lama main games, dan
  • Terkena radiasi


Mams, Paps, lalu apa tips mencegah efek negatif perkembangan gadget tersebut. Ahli kesehatan anak seperti yang disampaikan Dr. Chevie merekomendasikan bahwa anak usia 0-2 tahun tidak boleh terpapar gadget, anak usia 3-5 tahun dibatasi maksimal 1 jam per hari, dan anak usia 6-18 tahun maksimal 2 jam per hari (IDAI, 2015)


Semoga materi dari Dr. Chevie bisa menjadi manfaat dan kita bisa melindungi anak-anak kita dari bahaya negatif gadget namun tetap bisa mengambil manfaatnya ya. 


Mams, Paps ingin update materi-materi parenting yuk gabung di seminar wa #123WhatsUpMam, akan ada materi plus tanya jawab secara langsung dengan pakarnya juga informasi menarik lainnya.

Resep/media

image not avilable


Artikel terbaru

image not avilable

Game sebagai Media Pembelajaran

image not avilable

Pembatasan Penggunaan Gadget Dengan Bantuan…

image not avilable

Boardgame; Alternatif Mainan Anak Indoor

Berita/Kegiatan

image not avilable

Kopdar Innerself Healing

image not avilable

Penyuluhan dan seminar

image not avilable

Kegiatan 1

Lorem Ipsum

On the other hand, we denounce with righteo On the other hand, we denounce

You may also like

Checkout and enjoy the biggest unlimited possiblities