Blog & Article

Beranda Blog

Pembatasan Penggunaan Gadget Dengan Bantuan Teknologi

Mams and Paps, adanya gadget selain mempermudah komunikasi terkadang membuat kita sebagai orang tua merasa was-was. Hal ini misalnya dikarenakan anak yang sudah menunjukkan gejala kecanduan gadget. Nah, Ahli Security Consultant Ali Ahmadi akan memaparkan pembatasan penggunaan gadget dengan bantuan teknologi.


Menurut Kang Ali, pembatasan komputer/gadget ini bisa dilakukan dengan beberapa cara:
1. Kesepakatan antara kita sebagai orang tua dan anak-anak
Pembatasan dengan kesepakatan yakni disini kita membuat kesepakatan dengan anak-anak, tentang apa dan kapan mereka bisa menggunakan gadget-nya. Seperti yang sudah disampaikan oleh banyak psikolog dan dokter, bahwa penggunaan gadget melampaui sejumlah waktu tertentu itu berpotensi "membahayakan" anak secara fisik maupun psikis. Karena itu, mungkin bagi kita di sini sudah cukup paham pentingnya membatasi gadget pada anak. Untuk itulah, pembatasan ini perlu kita komunikasikan dengan anak-anak kita, supaya mereka tidak merasa direbut haknya oleh orang tua.


2. Pengendalian yang kita lakukan di gadget itu sendiri
Mams and paps, peralatan-peralatan yang kita punya sekarang ini sebenarnya sudah dilengkapi berbagai mekanisme untuk pembatasan pemakaiannya.

Nah, tentang pengendaliannya, di sini kita bisa rumuskan setidaknya dua hal:
1. Pengendalian waktu pemakaian
Pengendalian waktu pemakaian ini bisa dilakukan dengan fungsi "timer". Gadget maupun komputer yang ada di zaman modern ini semuanya sudah dilengkapi dengan fitur timer. Misalnya kita ingin membatasi pemakaian selama sekian menit, maka bisa diatur supaya ada alarm yang berbunyi untuk mengingatkan bahwa waktu sudah habis. Fungsi timer ini ada yang generik, tapi ada juga yang bisa diatur melalui aplikasi tertentu. Untuk android bisa download di play store. Kemudian di YouTube sendiri ada fitur yang bisa diakses untuk mengaktifkan timer.
2. Pengendalian "konten" pemakaian
Bisa dilihat di artikel sebelumnya, "Membimbing Anak Bersosial Media dengan Aman" ya, Mams and Paps.


Nah, bagaimana kalau ada gadget yang "lebih banyak dipegang anak" daripada dipegang orang tua. Fenomena sekarang banyak orang tua memberikan gadget secara khusus bagi anaknya. Untuk yang seperti itu, salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah membatasi sesedikit mungkin akses langsung untuk internet bagi anak-anak tersebut. Kang Ali menyarankan dengan menghapus/men-disable aplikasi-aplikasi "bawaan" gadget dan menggantikannya dengan aplikasi yang lebih bisa dikendalikan. Dia mencontohkan untuk YouTube bawaan, kalau sudah di-disable, maka dapat meng-install YouTube kids dari appstore. Tentu kontennya akan ramah anak dibanding YouTube bawaan.

Demikian, Mams and Paps, semoga bermanfaat :)


Resep/media

image not avilable


Artikel terbaru

image not avilable

Game sebagai Media Pembelajaran

image not avilable

Pembatasan Penggunaan Gadget Dengan Bantuan…

image not avilable

Boardgame; Alternatif Mainan Anak Indoor

Berita/Kegiatan

image not avilable

Kopdar Innerself Healing

image not avilable

Penyuluhan dan seminar

image not avilable

Kegiatan 1

Lorem Ipsum

On the other hand, we denounce with righteo On the other hand, we denounce

You may also like

Checkout and enjoy the biggest unlimited possiblities