Blog & Article

Beranda Blog

Mengawasi Anak dan Remaja Bersosial Media

Sosial media bukan hanya untuk dewasa bahkan telah menjadi bagian dunia anak-anak dan remaja. Mams & Paps tentu sudah tidak asing lagi dengan Facebook, Twitter, Instagram, path dan media sosial lainnya.


Lalu bagaimana ketika kebanyakan remaja dan anak-anak tidak mengetahui cara memakainya? Mengapa beberapa remaja tidak merasa malu di sosial media? Mams & Paps tak jarang kita menjumpai anak-anak dan remaja yang hanya memakai pakaian feminim di foto yang diunggahnya. Ada juga yang pamer foto mesra dengan pasangan. Anak-anak usia belasan sok gagah dengan pose merokok dan minum-minuman keras.


Psikolog Khamsa "Fani" Noory menilai kasus tersebut sudah meresahkan. Sosial media memang telah menjadi lingkungan baru bagi anak dan remaja mendapatkan perhatian. Di sosial media, anak dapat menjalin pertemanan dengan siapapun, berdiskusi, dan lain sebagainya. Akan tetapi belum diikuti dengan kemampuan mengontrol tingkah laku. Ditambah anak-anak dan remaja belum mengetahui mana yang boleh dan tidak boleh ditampilkan di sosial media mereka.


Mams & Paps, tidak perlu cemas, Khamsa berbagi tips mengawasi anak dan remaja bersosial media, di antaranya:

1. Anak butuh aturan dan batasan di sosial media seperti di lingkungannya.

Sosial media perlu dilihat sebagai lingkungan sebagaimana halnya lingkungan sekolah. Jika sekolah memiliki aturan dan batasan, begitu pula dengan sosial media. Mams & Paps bisa mengatur kapan dan dimana anak boleh bermain sosial media.

2. Orang tua perlu aktif di sosial media yang diikuti anak.

Mams & Paps perlu akun yang terlibat pada sosial media anak. Menjalin pertemanan dengan anak di sosial media akan memudahkan dalam pengawasan.

3. Perlu ada strategi memonitor.

Mams & Paps bisa mengecek timeline anak satu minggu sekali. Selain itu, bisa juga terlibat aktif dalam obrolan di group, dan bisa pula berdiskusi terkait status anak di sosial media jika memang dirasa perlu.


Demikian, sharing mengawasi anak dan remaja bersosial media. Semoga bisa menjadi inspirasi buat Mams & Paps dalam mendampingi buah hati bersosial media :)

Resep/media

image not avilable


Artikel terbaru

image not avilable

Game sebagai Media Pembelajaran

image not avilable

Pembatasan Penggunaan Gadget Dengan Bantuan…

image not avilable

Boardgame; Alternatif Mainan Anak Indoor

Berita/Kegiatan

image not avilable

Kopdar Innerself Healing

image not avilable

Penyuluhan dan seminar

image not avilable

Kegiatan 1

Lorem Ipsum

On the other hand, we denounce with righteo On the other hand, we denounce

You may also like

Checkout and enjoy the biggest unlimited possiblities